Thursday 3 March 2016

Konsep Dasar Bisnis [2KA24 - Manajemen & SIM2]

Bisnis tuh apa sih?
Bisnis adalah suatu kegiatan yang terorganisasi dengan mengelola faktor-faktor produksi untuk   menghasilkan   barang   dan  jasa  yang   mempunyai   nilai tambah bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan yang   optimal   dan   memberikan   manfaat   kepada   kebutuhan   masyarakat   dan memperhatikan kepentingan dari pemangku kepentingan (stakeholder).

Faktor-faktor produksi :
  1. Manpower  
  2. Money   
  3. Material   
  4. Machine   
  5. Method   
  6. Market   
  7. Informasi
  8. Enterpreneurship
Hasil bisnis dalam bentuk barang memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • Bentuknya berwujud
  • Barang itu tidak dapat disimpan
  • Banyak menggunakan proses mesin
  • Barang diproduksi dahulu lalu di konsumsi
  • Kualitas bersifat objektif
Hasil bisnis dalam bentuk jasa memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • Tidak berwujud
  • Tidak bisa disimpan
  • Banyak menggunakan proses atau tenaga manusia
  • Diproduksi bersamaan waktunya dengan dikonsumsi
  • Kualitas bersifat subjektif
Beberapa tujuan bisnis:
  • Profit. Bisnis dilakukan untuk mendapatkan profit atau keuntungan. 
  • Growth. Bisnis membantu pertumbuhan ekonomi dan bisnis itu sendiri.
  • Survive. Bisnis dilakukan untuk tetap bertahan dalam kompetisi bisnis.
Bicara tentang bisnis, erat sekali hubungannya dengan Etika dan Tanggung Jawab. Semua kegiatan terorganisasi melakukan kegiatan yang berhubungan dengan komunikasi antar manusia, maka itu diperlukan etika dalam berbisnis itu sendiri. Tanggung jawab diperlukan Karena hasil dari bisnis adalah barang dan jasa.
Etika  (ethos) : akhlak, watak, perasaan, sikap, cara berfikir. Menurut Griffin, etika bisnis adalah  perilaku etis atau tidak etis yang dilakukan oleh manajer atau pemilik suatu organisasi atau perusahaan.
Etika manajerial: standar perilaku yang memandu manajer dalam pekerjaan mereka yang meliputi
  1. Perilaku terhadap kariawan
  2. Perilaku terhadap organisasi
  3. Perilaku   terhadap   agen   ekonomi   lainnya   (pelanggan,   pemasok,   supplier, penyalur, pesaing, pemegang saham)
Fungsi etika dalam berbisnis:
  1. Menjaga   keselarasan   antara   perusahaan   dengan   lingkungan   perusahaan (lingkungan bisnis)
  2. Menciptakan iklim bisnis yang bersemangat dan nuansa persaingan yang sehat
  3. Mewujudkan   integrasi   perusahaan   terhadap   lingkungan   masyarakat   dan pemerintah
Tanggung   jawab   social   (Corporate Social Resposibility)  adalah   usaha   suatu   bisnis   dalam   menyeimbangkan komitmennya terhadap individu dan kelompok dalam lingkungannya yang meliputi konsumen bisnis lainnya atau pesaing karyawan investor dan komonitas lokal.
Tanggung jawab social perusahaan (CSR) meliputi tanggung jawab kepada pelanggan, pemasok, investor dan karyawan perusahaan itu sendiri.

3 bentuk kepemilikan bisnis
  • Persero. Perusahaan persero mudah dibentuk dengan modal yang relatif kecil. Dengan organisasi yang tidak terlalu kompleks, pengeleloaan perusahaan pun lebih mudah.
  • Kemitraan. bisnis yang dilakukan 2 orang atau lebih untuk melakukan kerjasama bisnis. kemitraan ini dapat berbentuk CV dan firma. CV / commanditaire vennotshaap adalah uatu bentuk perjanjian berusaha bersama antara orang-orang yang bersedia memimpin mengatur perusahaan serta bertanggung jawab penuh dengan kekayaan   pribadinya dengan orang-orang   yang   memberikan   pinjaman   atau modelnya dan tidak bersedia memimpin perusahaan  serta bertanggung  jawab terbatas pada kekayaan yang di ikutsertakan dalam perusahaan itu. Sedangkan Firma adalah persetujuan antara 2 orang atau lebih dengan nama bersama untuk menjalankan usaha dimana tanggung jawab masing-masing anggota firma tidak terbatas daun laba yang akan di peroleh dari usaha tersebut akan di bagi bersama dan demikian juga sebaliknya kerugian akan di pikul bersama.
  • Perusahaan Korporasi / PT (Perseroan Terbatas). PT adalah persekutuan untuk menjalankan perusahaan yang mempunyai modal usaha yang   terbagi   atas   bebreapa   saham   di   mana   setiap     sekutu   (persero)   turut mengambil bagian sebanyak atau lebih lembar saham.

Bisnis erat sekali kaitannya dengan kewirausahaan atau entrepreneurship. Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda melalui pemikiran kreatif dan tindakan inovatif demi terciptanya peluang. Kreatif berarti dapat mengembangkan gagasan atau cara baru dalam memecahkan sebuah masalah dan menemukan peluang. Enterpreneur juga membutuhkan kemampuan untuk menerapkan kreatifitas saat memecahkan masalah.

Bisnis dapat berhasil karena adanya kompetisi, kerja keras dan tidak mudah menyerah. Dalam melakukan bisnis, perlu adanya business plan . Menurut   Griffin, Bisnis Plan  merupakan dokumen yang dibuat oleh wirausaha yang merangkum  strategi  untuk  usulan  perusahaan   baru  dan  cara  strategi   tersebut diimplementasikan.

No comments:

Post a Comment