Tuesday 8 March 2016

[1DD01 ALERT!!!] Internet itu apa sih?

Hai, guys!
Maaf ya kemaren di kelas saya bilang saya akan ngajarin kalian tentang database dan excel, ternyata saya salah baca SAP hehehee :P

Ternyata Pemrograman Komputer C untuk kelas Manajemen D3 tuh tentang Internet. Gampang laaahh.. Ya masa kalian ga tau internet itu apa? Jadi udah tau kan? Yaudah kita gajadi belajar yaa... *dipecat jadi dosen* :D :P

Jadi untuk post kali ini saya akan jelasin tentang pengenalan internet secara umum. 
Internet itu terdiri dari 2 kata sebenernya. INTERnational NETworking atau INTERconnected NETworking. Jika dibaca dengan pemahaman perangkat keras, networking merupakan 2 komputer atau lebih yang saling terhubung (connected) sehingga dapat berkomunikasi secara global sehingga membentuk jaringan komputer di seluruh dunia (international) yang saling berinteraksi, berkomunikasi dan bertukar informasi.

Kenapa sih bisa ada internet? Datengnya darimana?

Dulu, Departemen Pertahanan Amerika punya proyek namanya ARPA (Advanced Research Project Agency) dimana mereka memakai hardware dan software komputer berbasis UNIX sehingga mereka dapat melakukan komunikasi dalam jarak tak terhingga melalui saluran telepon. Dari sini, mereka bikin sebuah jaringan komputer yang disebut ARPANET supaya personil militer dan peneliti sipil bisa bertukar informasi yang berkaitan dengan hal-hal militer. Lalu diperkenalkan kepada masyarakat pada tahun 1972.

Diawal tahun 1980, ARPANET diberhentikan. Tapi jaringannya tetap dipakai dan diganti namanya jadi TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). Dilanjutkan dan dibiayai oleh NSF (National Science Foundation) bekerja sama dengan CSNET (Computer Science Networking). Sampe sekarang deh kalian bisa pake internet dengan setting TCP/IP di masing-masing device :)

Nah, adalagi yang namanya Intranet. Apa tuh Intranet?
Kalo internet itu beberapa komputer yang terhubung ke seluruh dunia yang menggunakan protokol standar TCP/IP, Intranet ini yang sama aja. Bedanya hanya, intranet terhubung ga sampe seluruh dunia. Jadi, Intranet adalah sebuah jaringan privat yang menggunakan protokol-protokol Internet  (TCP/IP), digunakan untuk berkomunikasi dan bertukar informasi dalam lingkup tertentu, misalnya dalam lingkup sebuah kantor, sekolah, atau kampus.

Segini dulu pengenalan internetnya, ya.. Sampe ketemu di kelas, guys!

No comments:

Post a Comment