Wednesday 2 March 2016

[2KA22 ALERT!!!] 1st Task for Manajemen Layanan Sistem Informasi

Hello guys, siap-siap yaa :)

Pertama, saya mau kasih sedikit deskripsi apa itu Manajemen Layanan Sistem Informasi. Well, kalo kalian cari di google banyak yg menyebut dengan Manajemen Layanan Teknologi Informasi. Apasih tuh?

Manajemen layanan teknologi informasi (Information Technology Servide Management (ITSM)), yaitu metode pengelolaan sistem teknologi informasi yang terpusat pada perspektif konsumen layanan teknologi informasi terhadap bisnis perusahaan.
Jadi, ITSM tuh apa ya?


ITSM berfokus pada proses dan terkait dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses seperti Six Sigma dan Business Process Manajemen. Beberapa proses dari ITSM itu yaitu:
  • bagaimana menjaga keseimbangan antara bisnis layanan teknologi informasi sesuai dengan apa yang dibutuhkan customer
  • Melayani dengan TI yang berkualitas dan dengan harga yang sesuai dengan keefektifan TI yang diberikan
  • Membina kerjasama yang baik antara pihak suplier dan customer dengan tidak saling mengecewakan dan dapat memberikan layanan yang terbaik
  • Membina dan melayani dengan tingkat kemampuan melayani sebaik- baiknya customer yang nantinya akan mempengaruhi terhadap kepuasan yang akan didapatkan customer tersebut
ITSM umumnya menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Misalnya, pada aplikasi sebuah minimarket, fungsi perhitungan pada komputer kasir hanya dapat dilakukan jika user yang melakukan log-in adalah kasir. Fungsi input database hanya dapat dilakukan jika user yang melakukan log-in adalah admin. Got it? :)

Manajemen Layanan Sistem Informasi mempunyai standar internasional yang disebut dengan Information Technology Infrastructure Library (ITIL). ITIL merupakan kerangka best practice yang dapat dijadikan sebagai panduan dan referensi dalam memastikan terwujudnya manajemen pelayanan teknologi informasi (IT Services Management) yang prima dan handal.

Bicara tentang proses, Six Sigma membantu unit bisnis menentukan proses bisnis mereka dan tujuan. Six Sigma berfokus pada defect per opportunities (DPO) sebagai dasar untuk mengukur kualitas proses dari produk yang dihasilkan, karena produk dapat bervariasi dalam kompleksitasnya. Six Sigma dapat dilihat sebagai quality objective dimana kepuasan pelanggan akan meningkat sebagai akibat dari pengurangan cacat produk; Namun itu juga merupakan pendekatan berbasis bisnis untuk meningkatkan proses, mengurangi biaya, dan meningkatkan keuntungan.


sumber:
  1. Manajamen Layanan Teknologi Informasi dari Wawan Kurniawan.
  2. ITIL: Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi dari Richardus Eko Indrajit
  3. Information Technology Project Management by Jack T. Marchewka.

-===-



TUGAS 1:


Berikan contoh nyata dari 5 domain proses utama yang terdapat pada Information Technology Infrastructure Library (ITIL).


TUGAS 2:

Berikan contoh nyata dari metode yang digunakan untuk meningkatkan proses yang menjadi key steps pada Six Sigma.


Tugas dipisah menjadi 2 post blog. Berikan link source jika kalian mendapat sumber tulisan dari web, atau nama jurnal / buku beserta pengarangnya. Tugas di post paling lambat 1 minggu sebelum pertemuan selanjutnya. Kalo bisa contohnya gak sama ya, guys :)


Good luck!

No comments:

Post a Comment