Saturday 2 January 2016

Hello 2016!

HAPPY NEW YEAR!!!

gilaaaaa udah 2016 aja yaa.. kayanya gue idup belom ngapa-ngapain gituuu >.<
sebenernya bukan mau review setaun kemaren ngapain aja di post blog sekarang, tapi emang setaun kemaren bener-bener jarang banget buka blog. maapin yaa... *beberes sarang laba-laba*

whats going on on 2015?
Di semester akhir kuliah gue sadar passion gue bukan jadi programmer (hahaha! iya ketawain aja gue pasrah). Akhir 2014 gue sempet punya niat untuk kerja dulu setaun sambil nyari scholarship S2 di Europe. Kalopun ga dapet beasiswa, gue pun niat untuk berangkat pake biaya sendiri untuk S2 di Jerman. Lalu, diterimalah gue kerja. Gue kerja sebagai web developer di sebuah perusahaan vendor IT di bilangan Jakarta Pusat. Eneg. Kayanya Allah ngerti banget seberapa eneg nya gue jadi programmer dan seberapa pengen gue lanjut S2.

Rara, Novi, Me & Rhina. temen ex-kantor gue.
Ini karyawan semua, programmer, tapi tampangnya kaya anak SMA madol :P

Desember 2014, gue ditawari untuk seleksi beasiswa di Gunadarma lagi. Emang sih bukan di Europe, and its okay, though. Biaya S2 di Jakarta termasuk lumayan ngorek dompet lah buat gue. Beasiswa ini namanya Fast Track. Kerja sama Dikti dan beberapa Universitas termasuk Gunadarma. Beasiswa full (artinya gue ga ngeluarin duit sepeser pun buat bayar sekolah), selama 18 bulan include thesis. Syaratnya adalah selama masa pendidikan, penerima beasiswa gak boleh kerja diluar lingkungan Universitas. Dan selama itu pula gue harus menjalani masa pengabdian yaitu ngajar sebagai dosen S1 di Gundarma. Which is gue harus resign dari kantor. Tapi mikir lagi, income yg waktu itu udah UMR aja gue masih gabisa nabung, gimana ntar pas jadi dosen honorer?

best things in 2015: WISUDA!!!


Lalu, GALAU.
Penyakit perempuan jaman sekarang, Milih sepatu sama lipstik aja galau, apalagi milih jalan hidup. Tsah! *oke ini iklan*



Cut the story, i take the chance. I got the scholarship. Gue resign dari kantor di akhir Januari 2015, keterima beasiswa sekitar akhir Februari 2015. The very new path of life sebenernya di 2015. Disini, gue ketemu 13 manusia yang otaknya super banget! 13 orang ini adalah temen-temen sekelas gue di Fast Track. dan beberapa amazing peoples yang jadi Bapak, Ibu dan Kakak-kakak gue di keluarga baru ini.

Atas - bawah, ki-ka:
Ami, Karin, Eka, Yohanes, Me, Ika, Tiwi, Ghaffar, Komang, Fikri, Adit, Harris, Tito, Anom.

Idup gue setaun belakangan ini ya sama mereka *cipok basah*


Some of the amazing women in Fast Track Family. semoga gue jadi salah satunya, aamiin!

Anyway, selain pengabdian jadi dosen, gue pun dikasi project kerjasama Gunadarma sama beberapa Kementerian RI. Pertengahan Maret 2015 gue dan beberapa temen gue jadi 1 team ngerjain project untuk Kemenpora. Early June 2015 gue dan beberapa temen gue (yang lain) dikasi project lagi, kali ini dari Kominfo. Disini gue mulai ngerasain pressure nya. Ya ngajar, ya kuliah, ya kerja jadi government slave. Belah aja otak hayati, baaaang~

Ada yang lucu waktu pertama gue ngajar a.k.a jadi dosen. Orang yang udah lihat bentuk fisik dan bentuk betapa abstraknya gue jadi perempuan umur 23 tahun trus jadi dosen, pasti ngakak ga kira-kira. Jadi ceritanya gue udah pake blouse, rok panjang, wedges 7 centi, bawa absen mahasiswa. Masuklah gue ke kelas, yang apesnya, kelas 4, mahasiswa semester 8. Pas gue masuk, anak-anaknya selow aja, bahkan ngerasa heran tapi gak panik kaya ada dosen masuk. So, this is my greetings:
"Selamat pagi. Perkenalkan, nama saya Maya dan saya yang akan jadi dosen gue di mata kuliah Pengantar Sistem Terdistribusi di kelas kalian untuk semester ini.".
Beberapa detik kemudian, mereka langsung duduk rapi. Mungkin di kepala mereka langsung mikir, "oalah ini dosen, kirain mahasiswa yg nambah sks."

Di kelas yang lain, ada lagi yang lebih absurd. Waktu gue memperkenalkan diri gue, belom sampe titik, mereka langsung nyela -_-
Gue: "Selamat pagi. Perkenalkan, nama saya Maya...."
Sekelas: *nyanyi dangdut* Mayaaaaaa~~
Gue: *rolling eyes*

Dulu nih, jam 9 malem gue belom dirumah, nyokap udah krang kring krang kring nelfonin tiada henti. jam 11 malem sampe rumah, besokannya emak gue udah ceramah seharian. tapi semenjak gue kuliah lagi, pergi jam 7 pagi pulang jam 11 malem mah cuma ditelfon sekali, mastiin anaknya masih napak Bumi apa udah pindah ke Mars ._.

Hidup gue emang lagi disini aja, sama temen-temen baru, sama keluarga baru. Ya seru, ya kadang nangis, semangat belajar hal-hal baru, tapi kadang nyerah pengen kawin aja (ini mah curahan hati terpendam). Tapi disini gue "berputar" lebih dari sebelumnya. Gue "berlari" lebih jauh dari sebelumnya. Gue "melihat" lebih dalam dari sebelumnya.

Berputar lebih dari sebelumnya, gue bisa lebih fokus karena gue berputar secara konstan. Gue berhasil mengenyahkan distraksi (tsailah May bahasa lu!) yang dulu bikin gue suka molorin deadline. Berlari lebih jauh, gue bisa lewatin fase dimana anak seumur gue mungkin belum sampe di fase itu. Gue melihat lebih dalam, gue bisa tau makna sesuatu lebih banyak, lebih detail.
.
.
.
.
.
.

Lu ngerti maksud gue gak? Enggak? Sama gue juga bingung. Iyain aja udah :P
*dikemplang*


salah satu resolusi 2015, live with him more than 3 days in somewhere.
Beach, Him and Jogja!

one of the blessed things in life, 11 years of sisterhood and countless, i have them!

Yaaa pokoknya gitu deh. I learned a lot of things in 2015. Edukasi, pengalaman, pilihan, harapan, perjuangan, all kind of relationship. Di 2015 gue bener-bener ngerti semuanya. Pasti gue akan belajar 2-3 sks lebih banyak lagi di tiap "mata kuliah" yg tadi gue sebutin di tahun ini. Yang penting gue udah ngerasa cukup jadi Maya di tahun 2015. Resolusi? bukannya gak punya. Tapi mungkin gue ga menyebutnya resolusi. Gue lebih suka menyebutnya mimpi yang harus dibikin nyata. Lulus magister, bisa kerja kantoran lagi mungkin di akhir tahun 2016 (asli kangen banget!), getting engaged (aamiin yg gede buat yg ini yaaa pliiisss hihihi!!), dan mungkin bisa gantiin kewajiban mama papa dirumah.

Hello 2016, I'm ready!

No comments:

Post a Comment