Wednesday 16 March 2016

[4IA11] Review: Networking and Terminology

Hai guys!
Saya kasih review sedikit dari pertemuan kemarin yaa.. ga jauh beda dari catetan yang kemarin saya kasih, tapi mungkin lebih rapi kalo saya tulis disini :)

Jadi, jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang berjumlah banyak dan bisa saling berhubungan dan bertukar informasi. Seperti analogi yang saya jelaskan, anggap lorong lantai 2 gedung G2 adalah sebuah jaringan. Ruang kelas yang ada di G22 adalah komputernya. Kelas 221 bisa berhubungan dengan kelas 224, karena ada pintunya. Sama seperti komputer, komputer A bisa berhubungan dengan kelas B, karena ada pintunya. Pintu dari komputer-komputer tersebut adalah router dan gateway. 

Kalau mau masuk ke ruang kelas, kamu harus ketuk pintu dan buka pintunya dulu kan... aturan "membuka pintu" di tiap komputer (inget ya, komputer = kelas. kelas = komputer) disebut dengan protokol. Jadi, percuma kalo pintunya ada tapi aturan buat buka pintunya ga ada (anggep aja kelasnya dikunci) ya ga bisa masuk, ga bisa berkomunikasi. Aturan ini berlaku untuk semua komputer.

Itu namanya protokol. Protokol adalah aturan yang mengatur pertukaran informasi antar komputer melalui medium jaringan. Medium jaringannya tuh ya si pintu atau router yang tadi dijelasin. Tugasnya protokol adalah mendefinisikan syntax dan semantic. Syntax jaringan seperti susunan, format dan pola bit serta bytes,, sedangkan semantic mengandalikan sistem dan konteks informasi (pengertian dari bit and bytes).


Banyak sistem komunikasi data yang kompleks yang harus menggunakan sekelompok protokol atau yang biasa disebut dengan protocol suite / protocol family. Kenapa sih perlu ada protocol suite? Karena protocol suite ini bisa menangani beragam masalah yang timbul ketika mesin berkomunikasi melalui suatu jaringan data. Misalnya hardware failure, network congestion, packet delay or loss, data corruption dan data duplication. Jenis protokol yang biasa dipakai adalah TCP/IP. TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) adalah sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data komputer di internet.

Ada beberapa istilah yang perlu kalian tahu tentang Internet Protokol.
Host atau end-system: User dan pelaksana pelayanan jaringan komunikasi,baik individual workstation atau personal computers (PC).
Internet: Suatu kumpulan dari jaringan (network of networks) yangmenyeluruh dan menggunakan protokol TCP/IP untuk berhubungan seperti virtual networks.
Node: Istilah yang diterapkan untuk router dan host. 
Protocol: Sebuah prosedur standar atau aturan untuk pendefinisian dan pengaturan transmisi data antara komputer-komputer.
Router: Suatu device yang digunakan sebagai penghubung antara dua network atau lebih.
IP address adalah alamat yang diberikan pada jaringan komputer dan peralatan jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP.
IP address terdiri atas 32 bit angka biner yang dapat dituliskan sebagai empat kelompok angka desimal yang dipisahkan oleh tanda titik.
 Gambar 1: Bit IP
Network ID: menentukan alamat jaringan komputer
Host ID: menentukan alamat host (komputer, router, switch). 

Kelas-kelas IP Address
IP addresses dibagi ke dalam kelas A,B dan C untuk menyatakan jaringan yang besar, medium dan kecil. Kelas D digunakan untuk multicasting  dan Kelas E digunakan IETF untuk research.

Gambar 2: Kelas IP 

Saya pernah review tentang berbagai macam jaringan komputer yang bisa dilihat di link ini -> www.asmaya.com/type-jaringan dan www.asmaya.com/jaringan-komputer. 

 Bicara tentang jaringan, pasti berhubungan dengan topologi. Topologi jaringan komputer adalah bentuk perancangan baik secara fisik maupun secara logik yang digunakan untuk membangun sebuah jaringan komputer. Jika ditinjau dari segi keberadaannya, topologi dapat diklasifikasikan ke dalam
2 jenis yaitu:
Physical Topology: Menjelaskan hubungan perkabelan dan lokasi node atau workstation.
Logical Topology: Menjelaskan aliran message/data dari satu user ke user lainnya dalam jaringan.

Review tentang berbagai macam topologi jaringan beserta hardware untuk membangun jaringan tersebut dapat dilihat di post saya di link ini -> www.asmaya.com/hardware-jaringan-komputer-topologi , Saran saya, kalian baca post itu ya. Penting banget tau tentang topologi jaringan, apalagi buat UTS nanti :P

Yang penting juga untuk tau adalah DNS. Domain Name System (DNS) adalah suatu sistem yang memungkinkan nama suatu host pada jaringan komputer atau internet ditranslasikan menjadi IP address.

Root-level domain: merupakan tingkat teratas yang ditampilkan sebagai tanda titik (.).
Top level domain: kode kategori organisasi atau negara misalnya: .com untuk dipakai oleh perusahaan; .edu untuk dipakai oleh perguruan tinggi; .gov untuk dipakai oleh badan pemerintahan. Selain itu untuk membedakan pemakaian nama oleh suatu negara dengan negara lain digunakan tanda
misalnya .id untuk Indonesia atau .au untuk australia.
Second level domain: merupakan nama untuk organisasi atau perusahaan, misalnya:
microsoft.com; yahoo.com, dan lain-lain.

Yang terakhir dari review ini adalah tentang HTTP. Hypertext Transfer Protocol merupakan suatu protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web). HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini. Misalnya kita mengetikkan URL pada browser, browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server. Lalu web server akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh browser. Hasil permintaan tadi akan
dikirimkan web browser untuk ditampilkan kepada user.

No comments:

Post a Comment