Tuesday 15 March 2016

[1DD01 ALERT!!!] Email

Pasti kalian punya email dan pernah pake email kan? Berikut akan saya berikan penjelasan mengenai email secara teoritis.

Dengan menggunakan e-mail, setiap orang di Internet dapat mentransmisikan suatu pesan teks ke siapapun juga yang ada di Internet. Electronic mail adalah salah satu sarana komunikasi yang cukup handal, perbandingannya dengan mail adalah waktu pengirimannya yang sangat cepat. 

Proses penyampaian electronic mail dapat dianalogikan dengan penyampaian surat oleh Kantor Pos dan Giro. Proses ini disebut "store and forward". Mail akan dikirim dengan menggunakan protocol-protocol tertentu. Ini dilakukan oleh Message Transfer Agent (MTA). Untuk membaca e-mail, user menggunakan User Agent yang juga lazim disebut mail reader seperti : pine, elm, PC-EUDORA., MS Outlook.

Secara arsitektur, email harus memiliki alamat yang unik. Email juga bukan pelayanan end to end (mesin pengirim dan penerima tidak perlu berkomunikasi secara langsung).


Keuntungan menggunakan email antara lain adalah pengirimannya cepat, dari setengah jam sampai sehari. Sangat murah biayanya, beberapa detik dari pulsa telepon, baik di dalam maupun ke luar negeri. Dapat mengirimkan banyak surat dengan mudah, dan surat yang datang dapat dengan mudah dicatat dan dikembalikan pengirimnya, atau disampaikan kepada orang lain.

Kerugian menggunakan email adalah e-Mail tidak selalu sampai. Kesalahan sedikit saja pada alamatnya sudah cukup untuk menggagalkan pengiriman. Dan tidak semua orang melihat e-mail mereka secara teratur.


Beberapa protokol yang digunakan dalam email antara lain:
Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)
Digunakan dalam Internet untuk mengirimkan electonic mail (E-mail). Cara kerja SMTP menggunakan port TCP nomer 25. SMTP menggunakan beberapa spool dan queue. Pesan yang dikirim oleh SMTP akan dikirimkan dalam queue. SMTP akan menghindari membalas pesan dari queue jika dihubungkan ke remote machine. Jika pesan tidak dapat dibalas dengan waktu yang telah ditentukan maka pesan akan dikembalikan ke pengirim atau dipindahkan. Interaksi antara message ke User Agent dan ke Message Transfer Agent hingga diterima oleh Penerima.


Gambar 1: 
Interaksi antara User, User Agent dan Message Transfer Agent


POP (Post Office Protocol)
Suatu protocol yang dirancang untuk mengirimkan pesan e-mail dari server ke mail cilent. User yang mempunyai mail menyimpan dalam mailbox pada server. User dalam hal ini adalah POP client mengakses pesan yang disimpan menggunakan POP. Menjawab atau membuat mail baru digerakkan oleh client yang menyimpannya melalui SMTP. Mail dikirim dari client yang tidak memerlukan host yang lain untuk mengirimkan mail atau mengirim mail langsung ke penerima jarak jauh. POP server juga tidak relay mail untuk client.

Gambar 2: Sistem POP (Post Office Protocol)
 

Selain Electronic Mail, ada juga yang disebut dengan Mailing List. Mailing List merupakan sarana intenet yang memungkinkan untuk mengirim email ke sejumlah besar orang. Biasanya berfungsi sebagai forum diskusi untuk orang-orang yang tertarik pada topik-topik yang sama.


No comments:

Post a Comment