Welcome, guys..
Materi pada post ini tentang System Development Life Cycle atau yang biasa disingkat SDLC.
Apa itu SDLC? SDLC (System Development Life Cycle) atau Siklus Hidup Pengembangan Sistem dapat didefinisikan sebagai serangkaian aktivitas yang dilaksanakan oleh profesional dan pemakai sistem informasi untuk mengembangkan dan mengimplementasikan sistem informasi.
Terdapat 7 fase yang ada pada SDLC, yaitu:
Terdapat 7 fase yang ada pada SDLC, yaitu:
- Perencanaan Sistem
- Analisis Sistem
- Perancangan sistem secara umum / konseptual
- Evaluasi dan seleksi sistem
- Perancangan sistem secara detail
- Implementasi sistem
- Pemeliharaan / Perawatan Sistem
Perencanaan Sistem adalah proses membuat sebuah laporan perencanaan sistem yang menggunakan sumber sistem informasi yang berhubungan dan mendukung tujuan bisnis dan operasi organisasi. Perencanaan sistem berhubungan dengan perencanaan bisnis. Perencanaan Sistem menyangkut estimasi dari kebutuhan fisik, tenaga kerja dan dana yang dibutuhkan untuk mendukung pengembangan sistem serta operasinya.
Kebijakan untuk mengembangkan sistem informasi dilakukan oleh manajemen puncak karena manajemen menginginkan untuk meraih kesempatan yang ada yang tidak dapat di raih oleh sistem yang lama atau karenasistem yang lama masih mempunyai kelemahan-kelemahan yang perlu diperbaiki (misal meningkatkan produktivitas, efektivitas dan pelayanan). Manajemen puncak sangat berperan dalam perencanaan sistem. Manajemen puncak terdiri dari CIO, CEO, CFO dan eksekutif senior perwakilan kelompok user yang lain. Komite ini yang menghubungkan tujuan bisnis dan sistem informasi untuk mencapai tujuannya.
Kebijakan untuk mengembangkan sistem informasi dilakukan oleh manajemen puncak karena manajemen menginginkan untuk meraih kesempatan yang ada yang tidak dapat di raih oleh sistem yang lama atau karenasistem yang lama masih mempunyai kelemahan-kelemahan yang perlu diperbaiki (misal meningkatkan produktivitas, efektivitas dan pelayanan). Manajemen puncak sangat berperan dalam perencanaan sistem. Manajemen puncak terdiri dari CIO, CEO, CFO dan eksekutif senior perwakilan kelompok user yang lain. Komite ini yang menghubungkan tujuan bisnis dan sistem informasi untuk mencapai tujuannya.
Pada proses perencanaan sistem yang pertama kali dilakukan adalah merencanakan proyek-proyek sistem yang dilakukan oleh staf perencana. Setelah itu menentukan proyek sistem yang akan dikembangkan, dilakukan oleh komite pengarah. Terakhir, menentukan proyek sistem yang dikembangkan oleh analis sistem.
Tahapan SDLC
Analisis sistem adalah penguraian dari suatu Sistem Informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikannya.
Tahap analisis merupakan tahap yang paling kritis dan sangat penting, karena kesalahan di tahapan ini akan menyebabkan kesalahan di tahap selanjutnya
Hasil dari analisis sistem adalah laporan yang dapat menggambarkan sistem yang telah dipelajari dan diketahui bentuk permasalahannya serta rancangan sistem baru yag akan dibuat atau dikembangakan.
Tujuan dilakukannya analisis sistem adalah sebagai berikut:
- Memberikan pelayanan kebutuhan informasi kepada fungsi manajerial di dalam pengendalian pelaksanaan kegiatan operasional perusahaan
- Membantu para pengambil keputusan
- Mengevaluasi sistem yang telah ada
- Merumuskan tujuan yang ingin dicapai berupa pengolahan data maupun pembuatan laporan baru
- Menyusun suatu tahap rencana pengembangan sistem
- Membantu para pengambil keputusan
- Mengevaluasi sistem yang telah ada
- Merumuskan tujuan yang ingin dicapai berupa pengolahan data maupun pembuatan laporan baru
- Menyusun suatu tahap rencana pengembangan sistem
Yang harus diperhatikan oleh sistem analis pada fase analisis adalah analis perlu mempelajari permasalahan yang ada secara terinci. Kemudian menentukan pendekatan yang akan digunakan dalam memecahkan masalah, lalu membuat suatu pertimbangan apakah perlu atau tidak menggunakan cara komputerisasi untuk sistem yang akan dikembangkan.
Langkah-langkah analisis sistem adalah sebagai berikut:
- Mengidentifikasi masalah: mengidentifikasi penyebab masalah
- Analisis sistem : mengidentifikasi solusi dari masalah
- Analisis Kebutuhan: Mengidentifikasi data apa dan proses apa yang dibutuhkan pada sistem baru dan menentukan kebutuhan fungsional dan non-fungsional dari sistem baru.
Inisiasi SWDLC pada SDLC
Jika SDLC mencakup pengembangan sistem keseluruhan, maka SWDLC akan diinisiasi dalam sistem yang memerlukan pengembangan perangkat lunak yang didasarkan pada rancangan sistem yang pada SDLC.
SWDLC atau Software Development Life Cycle akan memberikan kumpulan acuan tahapan yang diperlukan untuk mengembangkan perangkat lunak yang menjadi target SDLC. SWDLC menjabarkan tugas dan prosedur yang harus dilakukan pada setiap tahap, metriks untuk menyusun jadwal, mengestimasi biaya dan mengukur produktifitas. SWDLC juga menyediakan kerangka dan prosedur pengoperasian standar yang mendukung cara pengembangan perangkat lunak yang terstruktur dan terancang dengan baik.
Pengembangan program sehingga menjadi perangkat lunak meliputi 3 tahapan pada Software Development Life Cycle:
Rancangan (Design)
Yang harus dipersiapkan pada tahap rancangan (design) adalah:
- Bagan terstruktur
- Bahasa Inggris terstruktur
- Tabel Keputusan
- Pohon Keputusan
- Persamaan
- Kamus data
- Diagram Warnier Orr
- Diagram Jackson
Kode (Code)
Menulis statemen dalam bahasa pemrograman
Uji (Test)
Pengujian terhadap semua modul kode untuk mendeteksi kesalahan
Pada saat mengorganisasikan proyek pengembangan perangkat lunak, maka akan dilakukan pendekatan organisasi yang meliputi program development team, chief programmer team dan egoless programming team.
Pada saat merencanakan proyek siklus hidup pengembangan perangkat lunak, pengembang menggunakan teknik tinjauan dan evaluasi program yang biasa disebut PERT (Program Evaluation adn Review Technique). PERT adalah sebuah perangkat untuk menentukan rangkaian atau urutan pelaksanaan tugas pengembangan perangkat lunak dan untuk mengestimasikan lamanya waktu yang diperlukan dari awal sampai selesainya pelaksanaan tugas.
Langkah-langkah menyusun jaringan PERT adalah sebagai berikut:
- Identifikasi semua tugas
- Mengestimasi waktu
- Menetapkan rangkaian tugas
- Menentukan jalur kritis
Diagram Pert
Diagram lain yang digunakan untuk mengestimasi waktu adalah Gantt Chart. Gantt Chart adalah diagram batang yang menunjukkan waktu.
Gantt Chart
No comments:
Post a Comment