Saturday 9 April 2016

[2KA24 ALERT!!!] Hardware dan Software untuk Manajemen Sistem Informasi

Akhirnya post materi lagi! Terimakasih udah sabar nunggu ya, guys!

Langsung lanjut tentang materi Sistem Informasi Manajemen 2 mengenai manajemen bisnis, kali ini akan membahas hardware dan  software untuk manajemen sistem informasi. 

Hardware Komputer
Hardware atau perangkat keras sangat membantu proses manajemen sistem informasi. Hardware dibedakan menjadi 4 klasifikasi yaitu:

Sistem KomputerSistem komputer dibentuk supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data. Tujuan dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu dodukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari hardware, software dan brainware. Contoh kategori sistem komputer adalah sebagai berikut:
  1. Sistem Mikrokomputer atau biasa disebut PC adalah kategori yang paaling penting bagi pelaku bisnis dan pelanggan. contohnya: komputer pribadi, PDA, peralatan informasi, dll.
  2. Sistem Skala Menengah (Midrange system) adalah server jaringan yang tinggi dan server jenis lainnya yang dapat memroses banyak aplikasi bisnis. Sistem ini lebih hemat, lebih mudah dipelihara dan dapat digunaan untuk penelitian ilmiah, sistem instrumentasi, analisis teknik, serta pengawasan dan pengendalian proses industri. Contohnya: server jaringan dan web server.
  3. Sistem Mainframe adalah sistem komputer yang besar, cepat dan berdaya tinggi. Mainframe dapat memroses ribuan juta instruksi per detik. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar hingga beberapa GB, komputer ini dapat digunakan untuk menamping sistem perusahaan, superserver dan prosesor transaksi.

Peripheral adalah nama umum untuk semua peralatan input/output dan penyimpanan sekunder yang merupakan bagian dari sebuah sistem komputer, bukan bagian dari CPU.

Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dapat berupa signal input atau maintenance input. Signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Terminal merupakan alat input yang juga berfungsi sebagai alat output. Terminal dapat dihubungkan ke sistem komputer dengan menggunakan kabel atau alat komunikasi. Termiinal dapat digolongkan menjadi:

  • Non intelligent terminal yang hanya befungsi sebagai alat input dan penampil output. Alat ini disebut sebagai dumb terminal karena tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai alat pemroses.
  • Smart Terminal mempunya alat pemroses dan memori didalamnya sehingga input dapat dikoreksi. Tapi terminal jenis ini tidak dapat diprogram oleh pemakai kecuali pabrik pembuatnya.
  • Intellegent Terminal dapat diprogram oleh pemakai.

Peripheral yang hanya berfungsi sebagai alay input digolongkan menjadi:
  1. Alat input langsung, input langsung diproses oleh alat pemroses. contoh: keyboard, mouse, scanner, sensor dan video recognizer atau microphone.
  2. Alat input tidak langsung, media tertentu sebelum input diproses oleh alat pemroses. Contohnya key-to-disk yang dapat merekam data ke media magnetic disk sebelum diproses olej alat pemroses. peripheral ini sering digunakan untuk memindahkan rekaman video media tape (pita) ke DVD.)

Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol), image (grafik atau gambar), suara dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin.
Tiga golongan pertama adalah ouutput yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan keempat biasanya digunakan sebagi input untuk proses selanjutnya yang berupa:
  • hard-copy device, digunakan untuk mencetak tulisan dan gambar pada media keras seperti kertas atau film. Peripheral ini bersifat permanen dan portable, contohnya printer, plotter dan alat microfilm.
  • soft-copy device, digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak berupa sinyal elektronik misalnya video display dan speaker.
  • drive device atau driver, digunakan untuk merekam symbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media magnetic disk maupun tape. Peripheral ini befungsi ganda sebagai alat output juga input, contohnya disk drive.

Media Penyimpanan / Memori eksternal
adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data. Contoh media penyimpanan seperti ini adalah floppy disk (disket), hardisk, cd-rom dan DVD. Memori eksternal yang populer belakangan ini berbentuk disk/pringan sehingga operasi data dilakukan dengan perputaran pirngan tersebut sehingga kemudian dikenal satuan rotasi piringan atau disebut RPM (Rotation Per Minute). Semakin cepat perputaran, waktu akses pun semakin cepat, namun makin besar tekanan terhadap iringan sehingga makin besar panas yang dihasilkan. 

Setiap memori eksternal memiliki alat baca dan tulis yang disebut head (pada hardisk) dan side (pada floppy). Tiap piringan memiliki 2 sisi head/side yaitu sisi 0 dan sisi 1. Setiap head/side dibagi menjadi lingkaran konsentris yang disebut track. Kumpulan track yang sama dari seluruh head disebut cylinder. Suatu track dibagi lagi menjadi daerah lebih kecil yang disebut sector.

DVD Speed Rate

Software Komputer

Software komputer terbagi menjadi beberapa jenis yang lazim dipakai untuk dipakai dalam kegiatan manajemen sistem informasi.

1. Software suite terdiri dari 4 software yang merupakan komponen dasar software yang umum dipakai.
Klasifikasi Software

Software suite biasanya lebih murah daripada membeli software secara terpisah. Kelebihan lainnyya adalah semua program menggunakan GUI yang membuat mereka lebih mudah dipelajari dan digunakan. Paket integrasi menggabungkan berbagai fungsi kedalam satu paket software.

2. Komponen lain yang paling penting saat ini adala web browser. Web browser kini menjadi program software universal tempat pemakai dalat mencari informasi melakukan transfer file, multimedia, kelompok diskusi, dll. Web browser sering disebut sebagai klien universal, yaitu komponen software yang dipasang pada semua jaringan komputer dan alat komunikasi dari para klien diseluruh perusahaan.

3. Software email dan instan messaging kini menjadi komponen dari software suite dan web browser. instan messaging adalah teknologi gabungan email dan menjadi metode standar untuk pesan elektronik bagi jutaan pemakai internet diseluruh dunia. Dengan menggunakan instan messaging, sekelompok praktisi bisnis atau teman dan rekan dapat menerima dan mengirim pesan elektronik secara realtime.

4. Software word processing mengkomputerisasikan pembuatan, pengeditan, revisi dan pencetakan dokumen secara elektronik memroses data teks. Berbagai software word processing dapat memberikan berbagai jenis dokkumen cetak menarik melalui kemampuan publikasi dekstop mereka. Software ini dapat mengubah semua dokumen kedalam format HTML untuk mendesain dan membuat halaman web untuk publikasi intranet perusahaan. Software desktop publishing digunakan untuk menghasilkan bahan cetakan seperti koran, brosur, buku.

5. Software spreadsheet seperti Microsoft Excel dan Corel QuattroPro digunakan untuk analisis, perencanaan dan pemodelan bisnis. Yang paling penting saat memakai software spreadsheet adalah mengerti design format dan berbagai formula yang akan digunakan. Software ini juga dapat membuat tampilan grafik dari hasil lembar kerja.

6. Software grafik presentasi digunakan untuk membantu mengubah data numerik menjadi tampilan grafik berbentuk berbagai diagram. Software ini membantu membuat presentasi multimedia dari grafik, foto, animasi dan klip video. Software grafik presentasi seperti Microsoft Powerpoint membantu membuat presentasi tabular data numerik untuk pelaporan dan komunikasi dalam media periklanan, laporan manajemen atau presentasi bisnis lainnya.

7. Jenis software lain yang digunakan untuk memudahkan produktivitas dan kerjasama pada end-user adalah Personal Information Managers (PIM) seperti Microsoft Outlook. ENd-user terbantu untuk menyimpan dan menyimpan informasi. Contohnya, informasi dapat disimpan kembali dalam bentuk kalender elektronik, jadwal meeting, tampilan berbagai fakta dan data bisnis, dsb. Sebagian besar PIM kini memasukkan kemampuan untuk mengakses nternet dan email.

Software juga dibagi menjadi beberapa klasifikasi berdasarkan:
a. Bisnis - Akuntansi, pemrosesan transaksi, manajemen hubungan dengan pelanggan, enterprise resource planning, e-commerce, dll.
b. Sains dan Teknik
c. Pendidikan, hiburan, dan lain-lain.

Software sistem dapat dikelompokkan dalam 2 kategori yaitu:
1. Program manajemen sistem dimana program tersebut yang mengelola hardware, software, jaringan dan sumber daya daya dari sistem komputer selama pengoperasian berbagai pekerjaan pemrosesan informasi dari para end-user.
2. Program pengembangan sistem, program dapat membantu para user untuk mengembangkan program dan prosedur sistem informasi serta mempersiapkan program bagi para pemakai untuk pemrosesan melalui komputer.

Program yang dapai untuk manajemen sistem meliputi:
1. Sistem Operasi
2. Program manajemen jaringan
3. Sistem manajemen database
4. Server Aplikasi
5. Utilitas Sistem
6. Pengawas keaman dan kinerja (performance monitor)

4 comments:

  1. wah ternyata sekarang bu maya ngajar anak KA juga.. gimana bu kabarnya ?
    ga ngajar anak IA lagi bu ? hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. alhamdulillah saya baik. Kamu apakabar? saya ngajar KA dari 2 semester kemaren kok, semester ini juga ngajar IA lagi di 4IA11 :)

      Delete
  2. blog yang sangat bagus, dan sangat menarik
    thanks

    ReplyDelete