Thursday 21 April 2016

[1DD01 ALERT!!!] HyperText Markup Language

Dokumen HTML adalah file teks murni yang dapat dibuat dengan editor teks sembarang. Dokumen ini dikenal sebagai web page. Dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan dalam browser web surfer. Dokumen ini umumnya berisi informasi atau pun interface aplikasi di dalam Internet.

Ada dua cara untuk membuat sebuah web page yaitu dengan HTML editor (FrontPage, Dreamweaver) atau dengan dengan editor teks biasa (notepad, wordpad). Penamaan dokumen web boleh sembarang dengan menambah ekstension berupa ‘.htm’ atau ‘.html’. Dokumen HTML disusun oleh elemen-elemen yang berupa: Head, Body, Table, Paragraf dan List. Tag digunakan untuk menandai berbagai elemen dalam suatu dokumen HTML, yaitu berupa tanda “<nama elemen>”. Tag umumnya berpasangan (misal <BODY> dengan </BODY>). Jika dokumen yang anda buat disimpan dengan format HTML kemudian dijalankan dengan program browser, misalnya internet explorer, maka kode atau TAG tersebut tidak akan kelihatan.

Elemen-elemen yang dibutuhkan untuk membuat suatu dokumen HTML dinyatakan dengan tag <HTML>,<HEAD> dan <BODY> berikut pasangan-pasangannya. Setiap dokumen terdiri atas head dan body serta dua section yaitu section head dan section body. Elemen head berisi informasi tentang dokumen tersebut, dan elemen body berisi teks yang sebenarnya yang tersusun dari link, grafik, paragraph dan elemen lainnya.

Tag dasar berarti elemen dasar. Dokumen HTML secara mendasar akan terdiri atas teks informasi. HTML merupakan tag dasar yang mendefinisikan bahwa dokumen ini adalah dokumen HTML. Tag ini merupakan satu keharusan bagi pemrogram web untuk menuliskannya sebagai tag pertama dalam dokumen HTML. <html> di awal dokumen dan </html> di akhir dokumen.


Head merupakan tag berikutnya setelah <html> untuk menuliskan keterangan tentang dokumen web yang akan ditampilkan. <head> di awal setelah <html>, dan </head> di akhir section head

Title merupakan tag di dalam head yang harus dituliskan untuk memberikan judul/ informasi pada caption browser web tentang topik atau judul dari dokumen web yang ditampilkan dalam browser. <title> judul dokumen</title>

Body merupakan section utama dalam dokumen web. Pada section ini semua isi dokumen  yang akan ditampilkan di dalam browser harus dituliskan. <body> di awal, segera setelah tag </head>. </body> di akhir, diletakkan sebelum tag </html>

Paragraf adalah informasi yang disajikan dalam dokumen harus mengikuti kaidah kaidah dalam penulisan. Misalnya satu pikiran utama disimpan dalam satu paragraf. Setiap paragraf harus dimulai dengan memberi tag <p>. diakhir paragraf tidak diharuskan menuliskan </p> sebagai akhir paragraf. Setiap pergantian paragraf harus dimulai dengan <p> kembali.

Setiap dokumen html harus diawali dengan menuliskan tag <html> dan tag </html> di akhir dokumen. Elemen head ditandai dengan tag <head> di awal dan </head> di akhir, berisi tentang informasi dokumen htmlnya. Elemen body ditandai dengan tag <body> di awal dan diakhir dengan tag </body>, berisi isi dokumen yang akan ditampilkan pada browser, meliputi pragraf, grafik, link, tabel dan sebagainya.

Karakteristik tag adalah sebagai berikut:
  • Tag HTML diapit dengan dua karakter kurung bersusdut (angle bracket) < dan >
  • Tag HTML secara normal selalu berpasangan seperti <b> dan </b>
  • Tag pertama dalam suatu pasangan adalah tag awal dan tag yang kedua merupakan tag akhir
  • Tag HTML tidak case sensitive . <b> berarti sama dengan <B>
  • Jika dalam suatu tag ada tag lagi maka penulisan tag akhir tidak boleh bersilang harus berurut. Misalnya <b><I>Huruf Tebal dan Miring</I><b>

Ada beberapa elemen yang tidak mengharuskan tagnya dituliskan secara berpasangan, elemen tersebut adalah :
  • paragraf dengan tag <p>
  • ganti baris- line break dengan tag<br>
  • garis datar- horizontal rule dengan tag <hr>
  • list item dengan tag <li>
 Contoh tag html dan deskripsinya

Format penulisan teks pada HTML hampir sama dengan teks editor manapun. Bedanya hanya pada HTML, penulis teks harus memberikan perintah dengan menuliskan tag perintah tersebut.

Beberapa pemformatan teks:

 Contoh penulisan format teks html

Hasil output format teks html

 Tag heading pada html

Hasil output dari contoh tag heading html

No comments:

Post a Comment