Saturday 17 October 2015

Segelas Teh

Gue gak pernah absen minum teh setiap hari.

Setiap pagi, sebelum gue yang selalu keburu-buru mau berangkat ngajar, mama selalu nyuruh minum teh. "Itu teh nya diminum dulu biar ada tenaganya, biar anget perutnya.." Tanpa alasan apapun, gue langsung ngambil gelas, nuang teh dari teko keramik berlukis bunga, lalu minum. Cium tangan mama, lalu ngacir.

Sampe kampus, di ruang sekretariat dosen selalu ada 1 termos besar berisi teh panas. Setiap gue kelar ngajar, naro absen mahasiswa, gue pasti refleks nyari gelas di rak terus minum teh sambil nunggu kelas berikutnya.

Malam, kalo gue masih ada di ruang career center kampus, gue selalu nyeduh teh hangat sendiri. Kadang Ibu (Bu Anthi, nanti lah gue ceritain tentang beliau dan amazing peoples lainnya) naro stok cokelat panas instan. jadi kalo ada cokelat, biasanya gue milih cokelat panas.

Siapa bilang gue gak suka kopi?
Bokap gue adalah penikmat kopi. Kopi hitam, dikasi 2 sendok teh gula di cangkir besarnya. Maya kecil sering banget curi-curi minum kopi papa. Sekarang sih ya bisa bikin sendiri atau sekalian nongkrong di coffee shop. Latte, atau Frapucinno. Kopi sachet. Kopi bubuk robusta atau arabica + 2 sendok teh gula. Tapi gue selalu mencari rasa teh.

Pic taken by: Anggra Saputra.



Maya cuma minum susu cokelat dan susu kedelai. Itupun susu cokelat Frisian Flag, gak mau yang lain. Biasanya gue nyari susu kalo gue harus yoga pagi atau berenang dan gue belom makan. Kalo udah ada tanda-tanda maag nya mau kambuh, gue nyari susu kedelai aja. Bisa amsyong kalo gue paksain nenggak susu cokelat. Selesainya, kemanapun gue pergi gue akan kembali nyari teh.

Dititik ini, gue menyadari sesuatu. Bahwa gue gak bisa pergi jauh kemana-mana dan gak balik lagi. Gue akan selalu balik lagi. Gue akan selalu merindukan apa yang pernah gue rasain, sedetil mungkin. Anak jaman sekarang bilangnya susah move on. Gue sih bukan susah move on (oke, ini denial. hahaha!), tapi memori yang pernah terjadi di sekitar gue, gesekan yang pernah ada di kulit gue, memori sensoris yang tersimpan lewat seluruh panca indera gue, dan semua kejadian yg tiba-tiba bikin dada gue terasa hangat selalu gue ingat. Bahkan kadang, its just popped up on my mind. Someway itu seru, in the other way, gue benci banget sama kemampuan gue mengingat satu hal sedetil itu.

Honestly (akhirnya ngaku juga), gue adalah Scorpion yang sangat posesif. Depannya sih boleh cuek, gahar, petakilan. Tapi sebenernya gue selalu mikirin reaksi orang terhadap gue. Cara gue ngomong, cara gue mikir, cara gue melakukan sesuatu. Mereka terima gak ya? Mereka bakal sakit hati gak ya? Mereka bakal seneng gak ya? Dia kesel nih kayanya kalo gue giniin. Kalo gue kasih ini dia suka ga ya. Mereka lagi ngapain ya? Mereka inget gak ya?  Kind of that. This is instead of overthinking. Lalu lahirlah baper. Nah kalo gue udah sadar gue baper, pasti ujung-ujungnya gue nulis dikertas, di post it, di buku ungu lecek gue yang selalu ada di tas dengan tulisan-tulisan denial. "Udah cukup May jangan dipikirin, kasian otaknya", atau "Bodo amat May! Batu sih kalo dibilangin!". Yak, otak sama hati gue berantem. Haha! pasti gue nyari tempat sepi dan bikin teh.

Tapi gue selalu bergantung sama titik nyaman. Mama misalnya. Mau ngomel kek, nangis kek, merepet kaya apaan tau, tetep aja yang gue cari tiap gue punya waktu senggang (dan dirumah sebelum jam 9 malam) tuh Mama. Buat cerita keseharian gue, cerita unek-unek gue, mimpi-mimpi gue, gundah gulana (tsaelah), atau cuma dengerin doi curhatin tentang kakak-kakak gue. Biasanya abis itu ya lega aja gitu. Abis itu buka handphone, udah ada chat Dhimas sejibun nyariin gue :P

Oiya, Dhimas. Dia juga akhirnya jadi titik nyaman gue. Tempat gue kembali pulang (ciyaelah!). After almost 5 years, ya bosen ya kangen ya main api ya berantem ya nangis ya bingung, alhamdulillah udah bisa dilewatin. Berantem hebat, pernaaaah... Putus? Break kali yaa orang cuma sebulan itu juga sambil jalan-jalan ke Jogja plus malam mingguan yg ga absen.. Pernaaah.. But he always stays there. For me. Ya lo bayangin aja deh yaa, Maya item pendek pesek kaya upil banyak tingkah otak gesrek gini aja Dhimas mau setia. Sumpah demi es serut panda greentea nya sumoboo, gue ga pake pelet! Kagak gue jampe-jampe tuh bocah ._.

Well, i ever did some mistakes. I'm not perfect, and so he does. Tapi "rumah" yang dibangun Dhimas di dirinya berhasil bikin gue selalu kangen untuk "pulang". Setidaknyaman-nya sebuah rumah, tetep aja sebuah tempat untuk kita pulang. Tinggal diri kita sendiri yang bikin rumah itu bisa nyaman ditempati. I'm preparing this home for the rest of my life :)
 

Temen gue tetiba banyak semenjak gue SMA. Tersebar dimana-mana, senior, junior, organisasi, komunitas, kampus, temen check up selama operasi, yoga, dll. Ada yg ended up jadi temen deket banget, ada yang sekedar kenal, ada yang sekedar baper (((SEKEDAR BAPER))), ada yang oh-gitu-cara-temenannya. Tapi, si tuyul bulet satu ini adalah titik nyaman gue. Vemy Ertika. Udah gausah ditanya lagi lah sama yang ini mah. I ever post some pictures on my path with her, and the caption is: Sahabat sama lobang pantat tuh ga ada bedanya, tai-tai nya juga udah apal! :P

Buat gue, 3 orang ini adalah rasa teh dikehidupan nyata gue. Yang selalu ada meskipun gak gue cari, selalu gue usahakan, selalu gue nikmati setiap detik sama mereka. Walaupun gak selalu, tapi adanya mereka, pelukan mereka selalu bikin gue tenang.

Udah ah, ngantuk!
Kapan-kapan lagi cerita yah. Ada banyak yg ke-skip di setaun kemaren dan mager banget diceritain. Ciao!

No comments:

Post a Comment