Tuesday 10 January 2012

Friends.


I’m happy for being my self. In crowd, and also in loneliness. Kenapa? Dengan bisa menjadi diri gue sendiri, ternyata gue bisa memandang segalanya lebih luas, ngga terpetakan dari sisi beberapa teman. Gue tetep bisa meminta pendapat teman, dari sisi yang objektif, bukan subjektif.
Gue berteman dengan siapa saja. Laki-laki, perempuan, laki-laki yang keperempuanan, perempuan yang kelaki-lakian, tua, muda, anak kecil, bapak-bapak, ibu-ibu, kaya, miskin, semuanya. Gue menikmati berbagai pendapat dari banyak sisi.
Teman terdekat? Pasti ada. My very bestfriend, mama. Oke, out of case. Mama mah emang bestfriend ever buat semua anak cewe. Kecuali anak durhaka kali yeee :P
Sahabat? buat gue, sahabat itu ya yang tau kita kaya gimana. Susah-seneng. Nangis-ketawa. Dalam segala kondisi. Bu Ilfi, salah satu sahabat gue (golongan tua, hehehee :D) pernah bilang, “kita ga perlu tiap hari ketemu sama sahabat. yang ada malah bosen. Yang penting pada saat salah satu dari kita butuh, kita ada.”
Ambil contoh, Vemy. Semua yang ada di kehidupan gue, dia tau. Baik buruk, seneng sedih, dari yang paling angel sampe yang paling borok juga dia tau. Kita ga selalu ketemu tiap hari. ga pernah ada jadwal untuk ketemu. Pas lagi kangen, butuh ngobrol, butuh curhat, ya tinggal sms, telfon, atau mention-an di twitter. Waktu gue bengal, dia bukannya ngomelin tapi ngasih advice. Waktu gue sedih, dia berusaha menghibur. Waktu dia butuh cerita, handphone gue selalu on buat dia. Saat kita ngerasa harus ketemu, seribet apapun perjalanannya pasti diusahain ketemu.
Nabila. Kadang kita pengen ketemu karena pengen curhat. Pas pertama-tama emang curhat, abis itu ngobrol ngalur ngidul terus ketawa sampe lupa kalo kita punya masalah. Ini namanya temen J
Gue pribadi ga pernah melibatkan masalah pribadi gue ke orang lain, apalagi ke temen sendiri. Sebisa mungkin gue selesein. Lalu apa gunanya temen? Mereka itu adalah kacamata lain untuk memandang masalah kita, jadi kita ga egois nyelesein masalah dari sudut pandang kita sendiri. Ya pas berhadapan sama masalahnya, gue tetep ngadepinnya sendiri.
Ada kalanya pendapat temen itu ga sesuai sama yang kita pikirin. Gue sih biasanya menganalisis pendapat-pendapat mereka. ada yang di ambil ada yang enggak. At least, gue berusaha mencari problem-solved yang paling bijak, karena gue tau diri, gue itu belum bijak.
Ini yang bikin gue ga pernah tertarik sama yang namanya gank atau inner circle macam itu. Kadang pas kita bilang enggak, atau ga sependapat sama salah satu dari inner circle itu, yang ada malah tarik urat. Paling parah ya ga tegur sapa. Emang harus ya kita dengerin semua masukan dari orang-orang? Buat gue, itu ga perlu. Kenapa? Cuma bikin cape aja mameeennn!! Tarolah lo punya temen 10 orang, terus semua ngasih pendapat. 10 kepala itu isinya beda-beda. Dan lo ga bisa ngikutin suara dari 10 kepala itu. Karena kepala lo, otak lo, fikiran lo Cuma satu. Simplenya gini deh, presiden suatu Negara tuh ga boleh 2, karena kalo beda pendapat yang ancur ya satu Negara. Badan lo itu Negara lo, dimana kepala, tangan, badan, kaki adalah anggotanya. Semuanya harus sinkron, makanya lo bisa beraktifitas.
Bahkan, gue pernah ada di titik dimana gue berada ditengah teman terdekat gue yang lagi berantem. Complicated ceritanya, tapi gampangnya gini; Nabila dan Vemy berada di 2 kubu yang berbeda. Dimana mereka berdua ga ada yang salah, hanya salah paham. Dua-duanya cerita sama gue. Terus gue harus gimana? Kalo lo jadi gue, lo bakal gimana? (lah kok jadi nanya :P)
Gue Cuma berusaha ngasih advice paling netral, ngasih tau fakta-fakta yang bener, dang a bersifat ngomporin. Alhamdulillah, mereka baik lagi J
….
….
….
….

Tiba-tiba gue kehilangan topic. Yoweslaaahh, intinya gini; ga usah terlalu percaya sama temen. Hidup lo itu lo sendiri yang jalanin. Ga perlu bergantung apa pun sama temen. Saat lo udah percaya dan yakin sama capability lo sendiri, lo akan sangat menghargai segala keputusan lo, bukan hanya ngikutin temen. Kata nyokap gue, “temen kamu itu bukan yang ngasih makan kamu. Jadi lebih baik tetep perhatiin diri kamu sendiri, keluarga kamu, baru teman.
Anyway, kesannya kaya gue ga percaya sama temen-temen gue ya? Enggak kok! I love every of them. Cuma, ga semua yang ada di diri gue jadi konsumsi semua temen-temen gue kan? satu atau dua sahabat ya perlu, setelah itu simpan semua dalam kotakmu. Kotakmu itu yang akan membuat dirimu dewasa. Kalo kata Chika (my another bestiest), “Problem is one of many materials in your life which can help you to learn how to be stronger.

No comments:

Post a Comment