Thursday 12 January 2012

apa kabar masa depan?

"gue mau cepet lulus, kuliah lancar, asistensi jalan terus, skripsi tanpa hambatan, wisuda diumur yang masih produktif." 
"gue mau punya suami seorang family man."
"gue pengen jadi programmer yang bisa kerja di rumah, sambil ngurus anak dan suami."
"gue mau punya rumah dulu sebelum menikah."
"gue mau punya anak 2, jadi kalopun mama papa mau bantu ya gak terlalu capek".


bla bla blaa..

gue pemimpi. gue memikirkan semua pernyataan diatas sejak umur 18 tahun. terlalu muda kah? beberapa teman bilang begitu. tapi semua pernyataan itu selalu popping up saat gue liat kakak-kakak gue, mama, papa, ataupun saat jalan di mall dan liat sebuah keluarga kecil yang sedang menikmati quality time mereka.

di umur 18 tahun, teman-teman gue masih memikirkan PTN yang bagus, yang akan menunjang karier mereka nanti. rangking yang memuaskan. atau yang paling simple, "weekend ini mau jalan kemana sama pacar?".
ya, mereka masih memikirkan edukasi, love-life, dan hal-hal yang masih sangat 'remaja banget'. iya lah May, umur segini mah jalanin aja dulu. ngapain mikir yang ribet-ribet. yang ada nanti cepet tua. kalau kamu mengangguk, lebih baik jangan teruskan baca tulisan ini.

pernah denger ada quotes:
"tua itu pasti, dewasa itu pilihan."
gue amat sangat setuju.  nggak semua orang bisa dewasa diumur yang dianggap udah dewasa, bahkan tua. dewasa bukan berarti harus sok tua. kadang, dengan masalah yang kita punya, membantu kita untuk menjadi lebih dewasa. banyak orang yang berumur tua tapi masih bersikap childish. tenang aja sodara-sodara, kita akan kembali menjadi seperti anak kecil. nanti, diumur 50-an. semoga kita semua diberi panjang umur ya :)

diumur 20 ini, gue terpikir untuk memulai cerita untuk masa depan gue.
mulai dari kuliah. mengerti setiap mata kuliah ga menjadikan lo jadi kutu buku man! liat keuntungannya. nilai bagus, ipk bagus, kalau nanti lulus cum laude, lo juga yang bangga man! company mana yang ga ngelirik fresh graduate cum laude? pasti ada!

males? itu namanya godaan. Allah aja ngasih godaan buah khuldi sama Nabi Adam & Siti Hawa, apalagi buat kita. sekali dua kali nurutin rasa males sih gak papa, asal lo tau capability lo buat nutupin akibat dari rasa males lo. tugas yang numpuk atau nilai yang mendadak turun misalnya. lo harus tau gimana caranya tugas itu kelar atau nilai lo bisa kembali ke permukaan.

asistensi. syukur alhamdulillah gue keterima jadi asisten lab, yang notabene lo bisa belajar sekaligus dapet pengalaman dan earn money :). belajar itu gak cuma di kelas lho! dan pengalaman jadi asisten lab, adalah nilai plus di CV lo nanti. kebayang kan peluang kita untuk bisa dilirik sama company besar?. masalah earn money, gaji asisten bisa di tabung. tabungannya buat apa itu urusan belakanga. kalo ga kepake-pake kan jadi banyak tuh. kalo bisa nabung terus sampe nanti, kan bisa buat biaya nikah, atau nyicil rumah laahh (ngarep yaa :P)

love-life. pengen punya family man. dicicil dari sekarang. lah kok dicicil?
maksudnya dicicil itu, mulai cari dari sekarang. taro lah target nikah gue umur 25 - 26, 5 tahun itu ga lama lho.. kita ga bisa nge judge orang itu layak jadi suami kita hanya dalam beberapa bulan, bahkan tahun. menikah kan berarti lo akan menghabiskan sisa hidup lo sama dia, growing old dan grow the kids bareng si dia, cari nafkah sama sama buat anak, dsb. buat gue, menikah itu big deal. jadi menentukan siapa lelaki yang tepat untuk nemenin kita sampe nenek-nenek bukan perkara gampang. nyatuin 2 kepala, 2 hati, 2 jiwa, 2 raga, itu semua ga gampang. jadi ya harus dicicil dari sekarang.

coba deh bayangin. waktu lo lulus kuliah dengan hasil yang memuaskan dan tepat waktu, punya kerja yang mapan, dan menemukan husband-to-be yang paling baik, itu semua udah nambahin satu nilai plus lagi; yaitu ngebahagiain orang tua. orang tua mana yang ga bahagia liat anak cewenya hidup sejahtera? none!

jadi, lets greeting our future!
berusaha, berdoa, dan tawakal. jangan lupa bermimpi di tidur yang cukup. sehat badan, sehat pikiran, perfect life!

cheers

No comments:

Post a Comment