Monday 16 January 2012

9 Matahari by Adenita

waktu kelas 3 SMA, gue baca buku ini. 9 Matahari karya Adenita. ini semacam buku based true story, yang nyeritain tentang seorang perempuan, yang berusaha terus mencari ilmu sampai sarjana meskipun harus susah payah mencari dananya dengan keringat sendiri. lewat berbagai tes masuk PTN, harus merantau, berhemat di kampung orang, lulus kuliah dan bekerja, sampai saat ia jatuh cinta.
kalo di novel lain, part terakhir itu yang biasa diceritain, tapi disini enggak. ini bener-bener tentang perjuangan hidup si Adenita. sebagian kata-kata dan kalimat bagus gue kutip disini.

sebenarnya setiap hari kita belajar, banyak hal yangn tidak diajarkan disekolah formal tapi justri ada di dalam kehidupan nyata. sekolah biasa tidak mengajarkan bagaimana menghadapi masalah yang kita temui dikehidupan sehari-hari. kamu tidak tau caranya mengikhlaskan hati, kalu tidak bertemu dengan masalah. dan kita tidak tahu pahitnya gagal, kalau tidak mengalaminya sendiri. kita tidak akan menjadi orang yang kuat kalau tidak diberi ujian. semua itu didapatkan disekolah kehidupan. sekolah kehidupan memang gak punya ijazah, nggak punya titel. tapi sekolah itu yang memberikan label pada diri kita. seperti apa kita ingin dikenal dalam hidup kita. si pekerja keras, perempuan tangguh, sang penakluk impian, dan titel-titel lainnya yang tidak bisa kita dapatkan dari sekolah biasa.
kalo ga salah, ini waktu si Adenita sakit dan jauh dari orang tua. dia dirawat sama keluarga temennya. waktu itu dia terpuruk banget (gue lupa dia terpuruk kenapa), yang jelas quote di atas itu kata-kata ibu temennya Adenita waktu nenangin dirinya. waktu gue baca itu dan nulis di binder gue dulu, gue sampe gemeteran. maaaannn, kata-kata itu bisa jadi penyemangat banget waktu lo lagi ngerasa dibawah. gue pribadi ngerasa di boast up lagi pas baca ini.
you can change all things for the better when you change yourself for the better.
ini bener banget sodara-sodara! semua perubahan itu ga bakal terwujud kalo lo ga mulai di diri lo sendiri. misalnya nilai lo jelek, ip lo ancur, masa depan udah keliatan banget suramnya. terus mau jadi apa lo entar? gimana cita-cita bisa terwujud dengan semua itu? tapi gak ada yang ga mungkin di dunia ini. gimana cita-cita lo bisa terwujud dan jadi sukses di masa mendatang itu bisa dibikin dengan satu kalimat, UBAH MINDSET LO KE HAL YANG BAIK! selesai. hidup lo akan selalu kelihatan indah kalo cara berpikir lo udah lo bikin indah :)
nothings happen until somebody brand something!
apa sih yang lo liat waktu lo mau beli barang? kualitas kan? ini yang dipunyai semua best company di seluruh dunia. BRAND. cewe ga bakal milih baju Zara kalo kualitasnya ga bagus. bussinessman ga akan beli kemeja The Executive kalo bahannya ga bagus. that's it. brand mereka emang udah terkenal bagus, ga heran harganya mahal.
lo juga gitu man! lo yang harus bikin brand diri lo itu bagus dimata orang. biar aja orang yang mandang, "wah, ni orang otaknya cerdas. ga heran dia jadi top manajer di perusahaan.". itu yang namanya brand, dan orang akan bayar lo mahal, se mahal brand yang lo punya di diri lo.
you cant choose your family. but you can choose your friend to be your family.
aduh, ini tuh udah jadi kalimat jimat setiap liat sahabat-sahabat gue.
simplenya gini. waktu lo lahir di dunia, lo gak pernah punya kesempatan sekalipun untuk milih siapa kakak, adik, ayah, ataupun ibu lo. God deserve your best. lo gak perlu raguin itu. tapi lo harus hidup bersosialisasi, yang secara gak langsung, lo sedang membuat keluarga baru di komunitas lo. sahabat itu yang bisa nenangin lo waktu lo nangis, sama seperti ibu. yang bisa ngejagain lo dimanapun, sama seperti ayah. yang ngebelain lo waktu lo punya masalah, sama seperti seorang kakak. dan bisa menghibur lo, sama seperti adik. tapi tuhan ga serta merta ngasih lo sahabat langsung di depan mata. lo yang milih dan mendedikasikan sahabat lo sendiri.
the things always happen that you really believe in. and the belief in a thing make it happens.
kalo lo percaya lo bisa melakukan sesuatu, ya lakuin! waktu lo percaya itu, lo udah menanamkan sugesti BISA ke hal yang mau lo lakuin. misalnya lo mau UAS (ciyee, curhat :P), lo udah belajar, pas kuliah lo udah merhatiin dosen, lo udah nangkep sama mata kuliah, hal terakhir yang harus lo lakuin adalah PERCAYA sama kemampuan lo sendiri. tuhan itu selalu ngeliat usaha makhluknya. waktu lo lagi ngerjain ujian, ga cuma otak lo yangbekerja, tapi juga tangan tuhan. semua miracle itu bisa kejadian. kata nyokap gue, "Allah itu bisa bikin kita yang tadinya mau jawab B, jadi jawab C. dan jawaban yang bener itu C. itu namanya miracle dari Allah". and i always believe that :)
orang besar harus selalu siap dengan berbagai perubahan hidup. dalam sebuah kehidupan, setiap orang harus belajar melepaskan orang-orang yang dicintainya pergi. karena memang suka atau tidak, mau atau menolak, sebuah perpisahan itu akan selalu ada dalam bagian kehidupan.
ga perlu dijelasin panjang lebar deh. lo akan ngerasa kalimat ini bener waktu lo putus sama pacar lo. :P
seorang pemenang adalah seorang yang berhasil menyelesaikan setengah pekerjaannya ketika orang lain sedang terlelap.
this is! artinya, selama lo bisa ngelakuin sesuatu lebih dari orang lain maka lo adalah pemenang. bukan kompetisi yang dilakukan. meskipun lo gak punya lawan, setidaknya lo udah menang sama ego lo sendiri. ego dari kemalasan, ego dari hal jelek yang ada dalam diri lo.
jangan pernah berhenti menggenggam matahari. matahari tidak akan bergeser kalau bulan dan bintang belum muncul. matahari akan terus menerus memberi energi, kehangatan, dan cahaya buat alam semesta. kadang di caci kalau bersinar terlalu terik. kadang dia juga di protes kalau tampak sayu. tapi, tidak peduli dengan apapun itu, matahari selalu muncul setiap hari dengan segala yang dia punya. tapi bukan berarti matahari itu berhenti bersinar. justri dia sedang bersinar hangat dibelahan bumi yang lain. matahari yang mengajarkan banyak pada kita untuk terus berbagi. supaya kita benar-benar tahu peran kita dan bisa merasakan jiwa kita hidup.
ini kalimat bagus banget bos! matahari itu gak pernah pergi, ga pernah ninggalin kita, ga pernah redup (yang bikin redup itu awan hitam -masalah), ga pernah terlalu terik (terik itu karena awannya ga hitam), dan gak pernah ingkar janji untuk kembali lagi di esok hari.


~ all quotes inspired by a book: 9 matahari by adenita.

No comments:

Post a Comment