Wednesday 5 October 2011

belajar = earn money

cari duit umur segini? pasti mikirnya magang atau kerja part time?
sebagian temen gue sih ada yang kaya gitu. part time pas malem, ato magang pas libur. gue juga magang pas libur kemaren. ada juga temen temen gue yang ikutan MLM untuk earn money di umur yg belum menginjak 20. sebagian dari mereka berhasil, dan gue kecipratan :P hahaa !

gue magang sih selain emang pengen nambahin uang jajan, ya sekalian latian kerja beneran secara gue magang di kantor, bukan di store. modalnya cuma niat yang gede, sama kerja keras. gue nggak ngerasa cape mikir pas magang kemaren. ilmu kuliah belom kepake banget kayaknya. dan itu bikin gue makin punya cita cita untuk jadi system analyst! jadi ilmu yang gue cari capek - capek selama 3,5 tahun (amiiin!!) bisa kepake pas kerja nanti :)

tapi kemarin, belom genap seminggu yang lalu, gue ngerasa ilmu yang gue dapet berhasil bikin gue can earn money :) gimana caranya? hahaa :D
caranya cuma belajar yang giat, dapet ipk diatas 3.0, cari beasiswa, tawakkal, dan PERCAYA!

pas pertama ikut beasiswa PPA/BBM gue sempet frustasi karena birokrasi yang TERAMAT RIBET! ituloooh karyawan kecamatan minta dibacok banget! minta surat-surat aja rasanya pengen sambil bawa parang -___-". udah susah payah, jauh-jauh, pas udah dapet, adalagi rintangannya. jadwal ngumpulin berkas persyaratan beasiswa ternyata dimajuin dan gue ga tau, alhasil gue telat ngumpulin dan blass! kesempatan beasiswa itu lenyap sudah. padahal lumayan buat ngurangin uang semesteran. gue nangis sejadi-jadinya sama nyokap gue. berasa banget cape mondar mandir ngurus beasiswa tapi ilang gitu aja dan bukan karena salah gue :(
nge down? pasti! gatau kenapa gue berharap banyak banget sm beasiswa itu. tapi itu jadi pelajaran buat gue, "kalo pengen ngedapetin sesuatu, kita ga usah ngoyo. itu sama aja kaya cari jodoh, nanti juga ditemuin sama Yang Di-Atas. jodoh itu kan sama kayak nasib"

abis itu ya gue ngejalanin hidup kaya biasa lagi, sampe akhirnya ketemu sama temen bokap gue dan nawarin beasiswa lagi. syaratnya cuma ngasih cv sm transkrip ipk terakhir. gue kirim deh via email, dan berbekal tawakkal sama percaya sama Allah. ga sampe 2 bulan kemudian, seminggu kemarin, gue di telfon sama temen bokap dan berita bahagia pun datang, "uang beasiswanya udah dikirim ke rekening maya yaa. nanti kalo udah di cek tolong konfirmasi ke tante :)"

rasanya perjalanan gue ke kampus walaupun macet tuh yaa, bahagiaaa banget :'). rasanya gue udh setengah berhasil sama kerja keras, susah payah gue sama kuliah. rasanya kuliah serius itu jadi asik banget! bersyukur, pasti! bangga, pasti!

jadi gue ga pernah nyesel kuliah susah susah, mikir jungkir balik pas lagi ujian, belajar sampe nangis (Sampe berantem sama pacar juga! :P). nilai ipk itu sebenernya udah membayar jadi sebuah rasa bangga di diri kita, apalagi kalo bisa sampe ngga ngerepotin orang tua buat ngasih uang jajan. mungkin buat orang tua, uang jajan masih hal kecil yang bisa dikasih ke kita, tapi bangganya orang tua itu yang lebih berharga dari nilai rupiah sebesar apapun.

jadi jangan pernah lo terlena sama main, ngegaul, nonton film, maen game ato apapun yang bikin lo males pegang modul kuliah ato textbook. gue juga ngegaul sama temen-temen gue, gue juga pacaran, gue juga main game, gue juga hang-out nongkrong sama bestiest gue yang bertebaran dimana-mana. tapi nilai gue juga tetep stabil, tetep bisa bikin bangga orang tua, pacar, sahabat, terlebih ke diri kita masing - masing.

masa depan itu ada ditangan kita sendiri, bukan ditangan orang lain. yang bisa bantu lo dimasa depan yang cuma diri lo sendiri :)
jadi, ayo belajar! ayo pinter bareng - bareng!!

No comments:

Post a Comment