Thursday 24 February 2011

#1st : Ilmu Budaya Dasar -> Tujuan dan Definisi

Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masala – masalah manusia dan kebudayaan.

Lingkungan keluarga adalah aspek penting dalam membangun budaya dalam diri seseorang. Segala kebiasan yang diajarkan oleh orang tua dari bayi sampai manusia tersebut menjadi dewasa akan menjadi budaya yang tidak hilang dalam diri manusia itu. Sering kita mendengar pertanyaan jika seseorang melakukan suatu kebaikan atau kejahatan, “siapa sih orang tuanya?”. Ini menunjukkan bahwa pendidik pertama seseorang -orangtua- harus bias mendidik seseorang agar menjadi manusia yang mempunyai budaya yang baik.

Kehidupan manusia di lingkungan belajar seperti sekolah dan kampus merupakan aspek kedua yang membentuk budaya seseorang. Dengan siapa ia bergaul dan apa saja yang ia pelajari, merupakan proses pendewasaan yang mempengaruhi budaya seseorang. Pepatah mengatakan, bertemanlah dengan penjual parfum, maka kau pun akan ikut harum. Maksud dari pepatah tersebut adalah jika kita berteman dengan orang baik, maka baik pula budaya yang akan tumbuh dalam diri kita. Jika kita berteman dengan orang pandai, maka kepandaian itu akan menular dengan kita.

Lingkungan hidup sehari-hari selain rumah dan temppat belajar juga mempengaruhi budaya kehidupan seseorang. Misalnya lingkungan kantor, lingkungan organisasi, dll. Orang-orang yang terbiasa berorganisasi akan mempunyai budaya pandai mengatur waktu, karena ia terbiasa akan waktu yang terorganisir. Budaya cekatan dalam melakukan pekerjaan dikantor juga membuat seseorang terbiasa cekatan melakukan apapun.

Tujuan dari mempelajari ilmu budaya dasar adalah supaya mahasiswa dapat mempertajam kepekaan dan daya kritik terhadap nilai – nilai budaya baik pada dirinya sendiri, orang lain maupun di lingkungan sekitarnya. Budaya yang setiap manusia berbeda-beda, tergantung dengan lingkungan, proses belajar, dan didikan dari orang tuanya. 3 aspek tersebut merupakan tri pusat pendidikan yang kemudian membentuk karakter budaya si manusia tersebut.

Adapun definisi dari kebudayaan adalah system gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang harus dibiasakan oleh manusia yang dicapai oleh manusia dengan belajar.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi setiap pembacanya :)

No comments:

Post a Comment