Sunday 25 March 2012

get well soon D! ♥ part 3

rabu 21 maret 2012.
well, sorry to my mom, hr ini gue boong bilang ada asistensi buat workshop di kalimalang. padahal sebenernya rencana gue hari ini adalah full nemenin dimas. sebagai manusia, gue juga pernah sakit. gue pernah ngerasain kaya apa jadi orang yang cuma bisa terbaring lemah di kasur dan ga enak ngapa-ngapain. lagi sakit tuh ga enak banget denger orang" sekitar nadanya naik walaupun cuma 1 oktaf. ga enak banget denger ada hal yang diributin padahal cuma beda argumen. jadi orang sakit tuh sensitif banget denger diagnosa dokter sama suster, for your information, hal itu bikin pasien tambah drop. jadi orang sakit tuh cuma pengen di hibur, di semangatin, bukan diomelin dan disuruh ini itu yang emang susah dilakuin sama orang sakit. dan gue tau, dimas lagi ngerasain semua itu.

selama satu setengah tahun gue kenal dimas, gue tau dimas adalah anak yang sangat perasa. dimas itu inget semua omongan orang, bahkan omongan gue yang gue lupa sekalipun, dia bisa ingat detilnya. naahh.. nyokapnya itu orang jujur ga ketulungan (re: nyablak. atau halusnya, frontal). apa yang nyokapnya pikirin, apa yang nyokapnya khawatirin, sampe apa yang nyokapnya takutin, semua terlontar gitu aja di depan dimas. takut dimas ini lah, takut dimas itu lah, udah keluar uang segini, si ayah begini, mama pusing, mama ini, mama itu.. semuanya didenger dimas. gue yakin dimas bakal feeling guilty denger itu semua. pasti jadi lebih perasa dengernya..

belom lagi kalo ayahnya yang kesana. ya namanya juga bapak-bapak yaa.. bokap gue juga ga jauh beda sama ayahnya dimas: bakal naik darah kalo lagi parno. bawaannya pasti jadi pengen marah. padahal mah sebenernya dia cuma ngerasa paranoid, panik, atau kalo pake bahasa mamanya dimas, "ayah nya dimas tuh lagi spanning" :P
kemaren ayahnya dimas sampe ngomelin suster gara-gara plester di infusan dimas ga nempel.infusan dimas jadi goyang, yang berarti bisa aja darahnya dimas naik ke infus atau meluber keluar. tapi tangan dimas keringetan makanya ga bisa nempel tuh plester. si suster juga bingung kali ya mau diapain biar nempel, tp ayahnya dimas udah keburu ngomel, mendesak si suster buat ngasih solusi, (tapi tetep pake nada naik 2 oktaf). ya si suster juga jaga image biar ga ketara bingungnya, doi naik 1 oktaf juga tanpa ngasih solusi. di satu sisi gue pengen ketawa, tapi disisi lain gue jadiin ini pelajaran: panik itu cuma bikin suasana tambah tegang.


ini lah alasan gue pengen nemenin dimas seharian. gue pengen dimas bisa fresh pikirannya. biarlah gue sama dimas becanda-becanda aja, ngomenin tontonan di tv go green alias layar ijo disana, bacain dimas doa doa pasti dimas lagi ngantuk pengen tidur, nyuapin dimas pas jam makan, dll. obrolan ringan yg bikin dimas kangen sama hari-hari kita waktu dia sehat, jadi dia termotivasi buat sembuh. dan sampai gue mau pulang, it works. suster juga bilang kalo dimas hari itu udah sangat stabil. gue pikir, kalo besok panasnya udah turun, udah cabut infusan, hari jumat dia udah bisa pulang. dengan tenang, selepas maghrib abis ayah sm ade"nya dateng, gue pulang.


\
infusan dimas :'(


waktu di jalan, dimas cuma bilang dia ngerasa enek, sakit krn harus di suntik lagi, abis itu dia izin istirahat. gue jg janji mau sms pas sampe rumah. pas udah dirumah sampe malemnya, semua sms gue ga dibales kaya malem-malem biasanya. gue pikir, kayanya dimas bisa istirahat full nih. malah lebih bagus, jadi bsk badannya udah seger karena tidurnya cukup. tapi firasat gue kok ga enak. disitu gue ngerasa perang antara firasat dan logika gue. sampe akhirnya gue cuma bisa kirim alfatihah untuk dimas, semoga dia dapet segala syafaat alfatihah tersebut.

kamis, 22 maret 2012.
gue berangkat pagi walopun katanya matkul pertama dosennya ga masuk. kok gue deg-deg an banget ya mau jenguk dimas. sms gue dari pagi ga ada yang dibales dimas. firasat gue kayanya lagi teriak, ini pasti kenapa-napa! sampe dikamar dimas, gue kaget setengah mampus. dimas lagi duduk dengan napas terengah-engah, muka pucet, disampingnya ada tabung oksigen yang katanya bekas dipake semalem. dimas kalo mau berdiri harus dibopong mamanya, mau pindah ke kasur susah, bangun buat duduk dari tidur di kasur susah, dia cuma bilang badannya keram semua, susah di gerakinnya. air mata gue menggenang, tp gue berusaha tegar, ga boleh cengeng di depan dimas.

ibunya bilang, semalem sekitar jam 7an, dimas kejang kaya orang ngamuk, panasnya sampe 40 derajat. dimas ga sadar ada temen-temen SD nya pada dateng. pas kebangun dimas nanya ke mama nya dia ada dimana. dimas out of his own control. ibunya bingung, gue yang denger, yang nemenin dimas seharian kemarin lebih bingung lagi. keadaan dimas udah riang, udah stabil, udah kondusif banget. bener-bener udah tinggal tunggu cabut infus trus pulang. tapi kenapa jadi begini?

pas dokternya visit, doi juga heran sama perubahan dimas. dokter ngerujuk untuk diperiksa dokter saraf. takutnya dimas keram sampe ga bisa jalan itu pangkalnya dari saraf, mengingat malemnya dimas sempet kejang. otak gue menandakan warning. scan saraf? kalo sampe kena saraf kan ujungnya.. ya Allah amit-amit deh... masa iya bisa lumpuh atau stroke? dimas kan cuma maag sama demam?. awkward moment terjadi. air mata menetes secara ga sadar. gue tahan sekuat-kuatnya.

selama seharian dimas cuma bisa diatas kasur, lemes, ga banyak ngomong. mamanya susah payah gendong dimas untuk bisa berdiri, bopong ke kamar mandi kalo dimas mau buang air. sayangnya gue tetep harus masuk kuliah siangnya, walaupun di kelas guenya malah ketiduran di 2 matakuliah, dan terpaksa sadar pas matematika.

abis kuliah gue balik lagi ke rs nemenin dimas. kali ini ivonne ikut. dan ternyata yuni-ucup juga ada mau jenguk. pas disana, dimas udah lemes total. mau buang air tapi gabisa bangun. dimas kayanya gemes banget sama keadaannya yang kaya gitu, tapi dia tetep ga kuat. pasti rasanya kesel sama diri sendiri sampe mau nangis, gue pernah ngalamin kaya gitu.
akhirnya dimas dibopong nyokapnya dibantu ucup, gue megangin infusannya. ibunya sambil sholawat sambil nangis pas bopong dimas. gue gak kuat, sampe akhirnya tumpah lah bendungan air mata gue di pelukan ivonne, waktu dimas di kamar mandi.
siapa yang ga ngerasa terenyuh waktu liat orang yang paling lo sayang, yang menurut lo kuat, bisa segitu lemahnya sampe harus dibopong untuk ke kamar mandi? satu setengah tahun gue ga pernah liat dimas selemes itu!

waktu itu, rasanya gue pengen teriak, kenapa dimas bisa gitu? kenapa dia sampe ga kuat jalan? kenapa napasnya jadi pendek? kenapa kondisi dimas jadi drop, dimas tuh hari ini harusnya sembuh! harusnya bsk udah pulang! tapi kenapa jadi drop beginiiiii???? :'""""


setelah itu, dimas cerita ke gue sambil nangis. kemarin dia liat bayangan hitam tepat diatas dia, air di dalem infusan tiba-tiba habis. dia ketakutan. dia bilang katanya ga ada yang percaya dia cerita kaya gitu. gue cuma bisa nenangin dia. "bukannya ga percaya, tapi mungkin yang dimas liat itu cuma halusinasi.. dimas kan lagi sakit, gampang ngerasa kaya gitu...", cuma itu yang terlontar di mulut gue sambil air matanya, nenangin dia, dan menahan genangan air mata.

waktu itu udah jam 7 malem, dan ayah dimas belum dateng. disini gue kembali perang batin. jam segini gue harus langsung pulang, tapi siapa yang tega ninggalin mamanya dimas jagain dimas yang lemah gitu sendirian? temen-temen gue udah pulang, ayah dimas belum dateng. dimas gabisa cuma ditemenin mamanya doang dalam keadaan drop kaya gitu. dengan segala resiko yang gue punya, gue temenin nyokapnya dimas sampe ayahnya dateng. alhamdulillah, jam 8 ayah plus ade-adenya dimas udah ngumpul semua. gue pamit pulang. dan tau gue bisa sampe rumah lewat dari jam 9 malam. resikonya: papa pasti marah banget. udahlah gausah dibahas disini, yang pasti kalo kalian ada diposisi ini, kalian tahu apa itu prioritas, dan cara pandang terhadap suatu masalah.

jumat, 23 maret 2012.
gue gabisa kemana-mana. seharian gue dirumah, setelah malemnya gue diomelin abis-abisan. gue sampe minta ditemenin pulang sama kakak gue. gue berkali kali ngirim sms ke dimas, isinya doa-doa, nyemangatin dimas, dan bilang gue gabisa dateng. ga peduli kapan dimas baca sms gue, gue cuma berdoa semoga semua doa gue buat dimas bisa sampe, semoga pikiran gue dan semangt-semangat gue ke dimas dia bisa rasain.

udah gitu, seharian pula gue disuruh check tetek bengek kursus untuk senin sampe jumat besok di kalimalang. karena kebetulan gue sendiri yang full free hari senin, gue ditugaskan untuk ngecek semua-mua-mua-muanya. dari software, modul, viewer, materi, soal pretest & ujian, dll.

daann... gue kaget pas siangnya dimas sms gue. ya Allah, rasanya seneeeeeennggg banget dapet sms dari dimas. secara gue tau, jangankan ngangkat hp, ngangkat tangannya sendiri aja selama seharian kemaren tuh susah!mood gue mendadak baik, tweet gue mulai ceria setelah sebelumnya tweet gue sedih mulu. namita, sahabat gue pas SMP aja sampe rela nelfon gue interlokal dr KL buat nyemangatin. mention gue penuh sm orang" yang nyemangatin dan doain dimas. gue mulai bisa becanda di twitter,

dimas emang bilang jalannya masih belum kuat, tapi gue udah mulai liat ada semangat buat sembuh, buat ngelawan penyakitnya. it's truly good progress. gue cuma berharap keadaan dia membaik, seperti optimisnya dia untuk bisa sehat di rabu besok :)

sabtu, 24 maret 2012.
abis gue jenguk dia paginya, dimas udah keliatan baikan. dia mulai bisa becanda ealopun dikit dikit. dia lebih sering tidur dengan nafasnya yang satu-satu. mulai cerewet lagi, mulai bisa ke kamar mandi sendiri walaupun bangun dari tidurannya masih harus dibantu. pokoknya, dimas udah kelihatan membaik. tapi gue gabisa lama, siangnya gue harus ke depok beresin modul dll buat kursus senin besok. secara gue penanggung jawab sesi 1, jadi semua keperluan harus gue siapin. masalahnya ini perdana, jadi pasti harus disiapin dengan baik.

gue pergi pas dimas lagi tidur. di jalan gue cuma sms pamitan berangkat, abis itu ga sms lagi. biarin aja dia istirahat dan ga keganggu sm sms gue. sampe maghrib, gue baru sampe rumah, baru gue sms dia lagi. gue pikir, biarlah dia ga bales, gapapa dia nya istirahat aja. yang pasti insyaAllah doa gue ke dia ga pernah putus.

tapi gue dikagetkan kembali pas lagi nonton sambil ngobrol-ngobrol sama kakak-kakak gue, dimas sms. dia bilang gini,

"bebbiiww.. kangen niihh :3"


andai dia baca semua tweet gue tentang dia semingguan ini, gue jauh berlipat-lipat lebih kangen sama dia! gue juga bilang gue kangen dia, ngobrol" sebentar, ingetin dia untuk terus zikir, doa, dan shalawat. kasih semangat lagi buat sembuh, ingetin makan supaya maag nya sembuh. dia balesnya ga panjang-panjang, mungkin ga kuat lama-lama kali ya... tapi di bales pun gue udah seneng banget :')

doa gue, gue cuma minta Allah angkat penyakitnya, kembalikan kesehatannya, maafkan segala dosanya, mudahkan proses penyembuhannya.. karena hanya Allah yang bisa mengabulkan semua doa" gue, Allah yang maha pengampun, dan Allah yang maha penyembuh.

semoga.. semoga.. semoga dimas cepet sembuh. amin! :')

No comments:

Post a Comment